Home » blog » Kerajinan Tanduk
Tuesday, February 12th 2013. kategori: Blog

Mungkin, bagi orang-orang yang pernah berlibur ke berbagai tempat wisata, terutama di daerah Jawa Tengah, kadang akan menjumpai para pedagang souvenir / kerajinan yang mempunyai barang dagangan yang bentuknya unik, tetapi benda tersebut terbuat dari bahan tanduk kerbau sebagai bahan kerajinanutama tanduk. Tanduk adalah bagian tubuh beberapa binatang, yang tumbuh dari kepalanya, yang merupakan proyeksi yang terbuat dari kulit yang keras. Tanduk mengandung banyak keratin di dalamnya, protein yang juga ada di rambut dan kuku manusia.

Jadi bisa dikatakan, kerajinan tanduk itu adalah proses pembuatan aneka macam barang menggunakan peralatan tradisional atau modern dengan memanfaatkan tanduk binatang sebagai bahan utamanya. Salah satu desa yang terkenal dengan kerajinan tanduk adalah desa Pucang, yang terletak di Kecamatan Secang, Kabupaten Magelang.


Tidak semua jenis tanduk binatang dapat diolah menjadi sebuah kerajinan tanduk. Menurut salah satu pengrajin di desa tersebut, jenis tanduk yang bagus untuk diolah menjadi sebuah kerajinan tanduk adalah tanduk yang berasal dari binatang sapi dan kerbau, dikarenakan jenis tanduk ini mudah untuk diproses karena menganduk zat kapur dan minyak (lemak), kelebihan kedua jenis tanduk ini jika dibengkokkan tidak patah setelah dipanaskan pada suhu tertentu.

Sedangkan tanduk yang berasal dari binatang lain seperti tanduk kambing, rusa dan lainnya sangat sulit untuk diolah (dikerjakan), dikarenakan mengandung zat kapur yang tinggi sehingga tanduk tersebut menjadi keras dan mudah patah bila dibengkokkan. Dengan demikian tanduk jenis ini hanya dibersihkan bagian luarnya saja dan tidak dibentuk menjadi berbagai macam produk seperti sendok nasi, box, tempat cincin, gelang dan lainnya sebagimana yang dihasilkan dari tanduk sapi dan kerbau.

Dari segi warna, tanduk kerbau dan sapi mempunyai karakter yang hampir sama, yaitu hitam legam, akan tetapi terkadang dijumpai warna lain yang khas dikedua jenis tanduk ini. Seperti pada tanduk kerbau warna hitam dan putih, terkadang sedikit coklat tua. Sedangkan pada tanduk sapi dijumpai warna “slap” yaitu warna kehitaman yang disertai sedikit kekuningan dan coklat
kerajinan wayang limo PA-005atransparan. Warna-warna ini dapat terlihat dengan sinar lentera pada saat tanduk akan diproses, karena biasanya warna ini ada ditengah daging tanduk, bagian pangkal tanduk.

Panjang tanduk kerbau kurang lebih 25 cm s/d 70 cm terkadang ada yang panjangnya 80 cm keatas, sedangkan panjang tanduk sapi antara 30 cm s/d 50 cm.

Hasil kerajinan dari bahan tanduk itu pun bermacam-macam, seperti centong nasi, solet, garuk punggung, tongkat, pipa rokok, gantungan kunci, asbak rokok, dan ada juga yang hanya sebagai pajangan almari, seperti garuda pancasila dan masih banyak lagi yang lainnya.

 

sumber : http://id.wikipedia.orghttp://indoblog.co

 

 

 

Produk terbaru

Alat Senam
Rp18,500
Lokasi
Pembayaran
Pengiriman